Guns and Roses

Well, perkenalan saya dengan band ini adalah ketika masih SMP kelas 1. Pada saat itu dapet tugas jaga bazar di bale banjar. Bazar zaman dulu (ga tau sekarang) isinya orang minum + alunan musik yang volumenya kenceng).

Pada saat hampir tengah malam, ada intro lagu yang nyantol di telinga. Alunan gitar dari Slash seperti menyayat telinga yang terbiasa mendengar lagu-lagu pop 90an. Saya harus tahu siapa yang nyanyi lagu ini. Mereka adalah Guns and Roses dan lagunya Sweet Child O’ Mine.

Besoknya saya pergi ke toko kaset, ini 1999 kata internet sepertinya belum terdengar, mencari kasetnya si GnR. Di toko kaset ada 5 album GnR. Appetite for Destruction, Use Your Illusion I, Use your Illusion II, The Spaghetti Incident?, dan Live Era 87-93 (isi 2 kaset). Akhirnya saya beli yang Appetite for Destruction, tentu saja, karena ada Sweet Child O’ Mine nya.

Kaset Guns n Roses
image from http://jualkasetbekas.blogspot.com/2014/11/gun-n-roses-7.html

Sampai rumah langsung buka segel, masukkan kaset ke tape. Welcome to The Jungle, opening lagu di side A. Fuuuuu, saya seperti memasuki dunia yang sama kali berbeda. Tentu saja, saya tidak tahu apa arti lagu-lagunya mereka, saya dapat pelajaran Bahasa Inggris pertama kali kelas 1 SMP, tapi ini keren pikir saya. Hingar bingar musik mereka membawa energi berbeda di dalam keseharian saya pada waktu itu.

Di tempat orang jualan VCD bajakan, ada VCD GnR yang sedang live di Tokyo. Melihat AXL yang nyayi lari-lari, Slash yang misterius, membuat saya penasaran dengan lagu-lagu mereka yang lainnya. Akhirnya saya membeli album mereka yang Use Your Illusion I, karena ada Don’t Cry nya. Sekali lagi musik mereka sangat megah dan full of energy.

Beberapa saat kemudian akhirnya membeli Use Your Illusion II, The Sphagetti Incident?, dan Live Era 87-93. Ada satu lagu yang intronya si AXL bersiul-siul, Patience, saya tidak menemukannya di album-album yang saya beli. Ternyata album yang berjudul G N’ R Lies itu sudah tidak di beredar lagi.

Kakak tertua saya tahu kalau adiknya suka GnR, akhirnya meminjamkan album G N’ R Lies dan majalah Hai Klip edisi GnR, yang dipunyai oleh kakak ipar. Kasetnya masih warna putih. Lengkap sudah album GnR yang saya dengar, plus bisa dapat info dari majalah Hai.

G N’ R Lies
Hai Klip edisi GnR

Nanti malam, mereka akan konser di Jakarta. Ini sudah 2 kalinya mereka konser di Indonesia. Konser nanti malam adalah dalam rangkaian tour Not in This Life Time. Oya, beberapa anggota original mereka, Slash, Duff McKaggan, dan Dizzy Reed ada dalam rangkain tour ini. Izzy Stradlin dan Adler sepertinya enggan gabung lagi. 

Mengutip kata-katanya AXL di cover kaset Use Your Illusion II, “Slash, thank you for your killing guitar melody.”

Thanks, GnR!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *